12 Fakta Unik tentang Makanan Australia Kuliner Australia

TIKETGARUDAPROMO.com – Australia yang merupakan rumah bagi kanguru, koala, dan kookaburras adalah benua yang mulai dihuni orang Eropa pada akhir abad ke-18. Australia memiliki kekayaan makanan beragam yang sebagian mungkin dianggap aneh dengan daging kanguru atau buaya sebagai salah satu bahannya.

Berikut akan disajikan informasi dan fakta menarik tentang makanan Australia.

Daging, Ikan, dan Sayuran

1. Garis pantai Australia yang besar (11 juta km persegi) merupakan rumah bagi banyak spesies laut sehingga masuk akal makanan laut menjadi pilihan makanan dominan.

Australia memiliki hampir 600 jenis ikan, baik laut dan air tawar, membuat jenis ikan seperti barramundi, abalone, dan lobster sering ditemui dalam makanan Australia.

2. Tidak peduli jenis ikan apa yang digunakan, semuanya dapat dimasak dalam berbagai cara, seperti dibumbui gaya kari India, atau digoreng dengan mie untuk citarasa Asia, atau dipanggang serta disajikan dengan pasta untuk memenuhi selera Eropa.

Salah satu makanan laut cepat saji yang digemari adalah ikan yang dimasak dengan bir.

3. Australia adalah salah satu produsen dan eksportir utama daging di dunia. Negeri ini merupakan eksportir terbesar kedua daging sapi.

Daging lain yang juga banyak tersedia termasuk domba, kambing, babi, dan ayam. Steak Australia (porterhouse’s, T-bone) dihargai tinggi untuk kualitas daging yang digunakan.

4. Daging eksotis seperti kanguru, buaya, emu, dan daging ular dapat ditemukan di toko daging serta menjadi salah satu komoditi ekspor.

5. Berbagai sayuran dan buah-buahan umumnya hanya bisa ditemui pada musim tertentu. Ini membuat variasi makanan akan berbeda di setiap musimnya.

Sayuran yang banyak ditemui di Australia meliputi artichoke, wortel, kacang polong, zucchini, kentang manis, dan banyak lagi.

6. Australia juga kaya akan berbagai macam buah-bahan.

Selain buah-buahan seperti stroberi, pisang, dan anggur, Australia juga memiliki buah-buahan lokal seperti quandong, riberry, buah kiwi, jeruk Australia, witchett /witjuti, muntries, serta kacang macadamia.

Minuman

1. Saat berkemah, Billy tea lazim menjadi minuman pilihan. Untuk membuat rasa yang khas, daun karet ditambahkan dalam Billy tea.

2. Eropa mungkin terkenal sebagai wilayah penghasil anggur, tapi tahukah Anda bahwa Australia merupakan peringkat keempat eksportir anggur dunia dengan 760 juta liter anggur diekspor setiap tahunnya!

Makanan Gaya Modern dan Tradisional

1. Penduduk asli Australia memiliki gaya memasak tradisional yang disebut bush tucker.

Semua sayuran mentah atau buah-buahan yang tidak aman untuk konsumsi manusia ditumbuk atau dimasak diatas api untuk menghilangkan efek berbahaya.

Belatung, semut madu, dan ngengat juga dimakan. Kanguru, walabi, dan emu juga merupakan hewan yang lazim dimasak di atas api.

2. Masakan Australia modern adalah campuran dari berbagai bidaya yang berbeda.

Masakan penduduk asli Aborigin mendapatkan pengaruh dari pemukim Inggris dan pemukim dari berbagai budaya berbeda seperti Asia dan Arab sehingga menghasilkan keanekaragaman luar biasa.

3. Selain itu, makanan Australia juga dipengaruhi oleh berbagai gaya memasak global dari Cina, Thailand, Jepang, Lebanon, dan Afrika di satu sisi dengan gaya Yunani, Perancis, Spanyol, dan Inggris di sisi lain.

4. Hal lain yang patut dicatat tentang masakan Australia adalah tingkat kreativitas koki lokal dalam meracik berbagai hidangan.

Kombinasi seperti daging kanguru dalam kari Thailand atau spaghetti Italia dengan balmain bug (sejenis lobster) adalah beberapa contoh diantaranya.[]

Sumber : https://www.amazine.co

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*