23 Tempat Wisata di Sydney Australia yang Wajib Dikunjungi

TIKETGARUDAPROMO.com- Sebagai kota yang dikenal paling mahal di benua Australia, Sydney memiliki banyak lokasi wisata yang tidak akan membuat para wisatawan menyesal. Terlalu banyak atraksi yang bisa dapat dinikmati ketika berada di Sydney. Berikut ini adalah sejumlah tempat wisata di Sydney yang merupakan tempat wisata di Australia, yang menarik yang tidak mungkin akan Anda lewatkan begitu saja selama berlibur di sana.

1. Vaucluse House

Vaucluse House

Tempat ini merupakan sebuah villa mewah yang memang berada di lingkungan orang kaya dan telah mengalami pemulihan dari masa kolonial. Villa yang dibangun di tahun 1803 ini bergaya Gothic Revival di mana terdapat juga menara kecil serta benteng yang membuat rumah ini tidak tampak seperti rumah pada umumnya, namun lebih ke bentuk kastil. Rumah ini menjadi salah satu obyek wisata terkenal di Sydney karena betul-betul luar biasa cantik dengan taman-taman yang mengelilinginya.

  • Vaucluse House buka dari hari Jumat hingga Minggu saja dan akan menerima pengunjung dari jam 11 siang sampai 4 sore. Namun untuk bagian tamannya dapat disambangi kapan saja.
  • Pengunjung dewasa dikenakan biaya masuk AUD 8 atau sekitar Rp 80 ribu, sementara pengunjung anak-anak usia 15 tahun ke bawah dikenakan biaya sebesar AUD 4 atau sekitar Rp 40 ribu.

2. Justice and Police Museum

Justice and Police Museum

Dijamin seru bila Anda berlibur ke Sydney dan bertandang ke sebuah bangunan sejarah di mana fungsinya adalah sebagai kantor polisi sekaligus pengadilan dari tahun 1856 hingga 1888. Sejarah peradilan dan pidana New South Wales ditunjukkan oleh museum satu ini.

Keren sekaligus mungkin agak mengerikan, tapi benar-benar wajib dikunjungi karena Anda akan melihat sendiri interiornya yang sangat kuat, mulai dari blok sel, kusen pintu yang sempit, hingga gerbang berduri. Terdapat juga koleksi senjata pembunuhan, begitu juga sebuah galeri yang mempertunjukkan kisah yang ditinggalkan oleh para penjahat, preman, petugas penjara, serta hakim.

  • Justice and Police Museum buka pada hari Sabtu dan Minggu saja, dari jam 10 pagi hingga 5 sore.
  • Pengunjung dewasa dikenakan AUD 10 atau sekitar Rp 100 ribu, sementara anak-anak usia 15 tahun ke bawah dikenakan AUD 5 atau sekitar Rp 50 ribu.

3. Circular Quay

Circular Quay

Menjadi tempat kelahiran kota Sydney, Circular Quay adalah salah satu spot yang wajib disambangi. Di sekitar area ini dapat ditemui berbagai restoran, pub tua dan toko menarik yang bisa dikunjungi.

Pelabuhan di Sydney ini berada di sebelah tepi utara dari distrik pusat bisnis Sydney di Sydney Cove yang letaknya ada diantara The Rocks dan Bennelong Point dan menjadi sebuah kawasan pemerintah lokal Sydney. Terdapat taman yang juga akan menjadi tempat Anda bersantai.

  • Circular Quay buka setiap hari.
  • Pengunjung tidak dikenakan biaya berapapun untuk dapat menikmati segala keindahan di tempat ini.

4. Museum of Sydney

Museum of Sydney

Beberapa wisatawan mungkin berpikir bahwa liburan di Sydney hanya akan ada pantai, namun Sydney juga memiliki Museum of Sydney yang akan menyuguhkan wawasan budaya. Berada di bekas kediaman Gubernur Arthur Phillip, museum ini memberikan banyak informasi tentang sejarah ibukota New South Wales dengan sesuatu yang lebih menghibur. Koleksi penemuan arkeologi serta perkakas yang digunakan Suku Aborigin hingga gambar dan dokumen perkembangan kota Sydney pun terdapat di museum ini.

  • Museum of Sydney buka setiap hari dari jam 10 pagi sampai dengan 5 sore dan tutup hanya pada hari Jumat Agung serta Hari Natal.
  • Pengunjung dewasa dikenakan biaya AUD 10 atau sekitar 100 ribu, anak-anak AUD 5 atau sekitar Rp 50 ribu, sementara untuk keluarga yang terdiri dari dua orang dewasa dan dua anak dikenakan AUD 20 atau sekitar Rp 199 ribu.

5. Bondi Beach

Bondi Beach

Pantai yang paling populer di Australia ini merupakan sebuah lokasi wisata yang akan menawarkan banyak atraksi dan kegiatan seru. Tempat ini menjadi tempat para wisatawan yang ingin belajar surfing.

Selain berselancar, aktivitas lainnya yang tidak kalah menyenangkan adalah bermain bola voli, yoga dan bahkan berbelanja hingga berwisata kuliner. Anda akan menjumpai banyak kafe, restoran dan toko-toko suvenir di sekitar area pantai yang akan membuat Anda lebih puas berjalan dan bermain dan merupakan tempat wisata yang cocok untuk anak muda.

  • Pengunjung tidak dikenakan biaya untuk masuk ke pantai ini.
  • Dari pusat kota Sydney, Anda hanya tinggal naik bus untuk menuju Bondi Beach.

6. Shark Island

Shark Island

Sydney juga mempunyai sebuah kawasan wisata bernama Shark Island yang oleh orang-orang Aborigin dijuluki sebagai Boambillee. Pulau ini dulunya bukan sebuah tempat wisata terbuka, melainkan difungsikan sebagai situs karantina hewan serta depot angkatan laut.

Spot rekreasi satu ini penuh dengan pepohonan rindang yang akan membuat liburan Anda terasa sempurna. Telusuri jalanan berbatu serta goa buatan tangan yang terdapat di pantai ini.

  • Shark Island menerima pengunjung setiap hari dari jam 9 pagi hingga 5 sore.
  • Untuk sebuah tiket pulang pergi, Matilda Shark Island Ferry mengenakan biaya tidak sampai USD 20 atau sama saja kurang dari Rp 262 ribu, dan sudah termasuk biaya pendaratan Sydney Harbour National Park.

7. Taronga Zoo

 Taronga Zoo

Ajak keluarga untuk tidak hanya berlibur di pantai Sydney saja, tapi juga di Kebun Binatang Taronga di mana program acara menginap, presentasi setiap hari, interaksi dengan hewan dan tur sudah termasuk. Jumpai beragam hewan manis di tempat ini, mulai dari reptil, gorila, burung hantu, koala hingga gajah. Jika beruntung, pada musim panas biasanya kebun binatang ini mengadakan sebuah pertunjukan.

  • Taronga Zoo buka setiap hari dari jam setengah 10 pagi sampai dengan setengah 5 sore pada bulan Mei-Agustus, jam setengah 10 pagi sampai 5 sore pada bulan September-April, dan jam setengah 10 pagi hingga 4 sore di hari sebelum Tahun Baru.
  • Pengunjung dewasa dikenakan biaya masuk sebesar USD 46 atau sekitar Rp 602 ribu, sedangkan anak-anak dikenakan USD 26 atau sekitar Rp 341 ribu.

8. Rose Bay

 Rose Bay

Berkunjung ke lokasi ini akan membuat Anda merasa seperti tengah berada di pedesaan walaupun tempatnya tidaklah jauh dari kawasan pusat bisnis yang hanya 7 kilometer saja. Ada banyak aktivitas yang berhubungan dengan air yang bisa dilakukan oleh para pengunjung Rose Bay. Warga sekitar pun kerap memanfaatkan area ini untuk berolahraga karena terdapat sejumlah spot yang pas untuk kegiatan tersebut, seperti lapangan golf dan lapangan tenis.

Sementara untuk kegiatan air paling seru adalah bermain jet-ski dan berlayar. Tidak hanya itu saja, Rose Bay pun merupakan sebuah spot pariwisata dengan segudang hiburan bagi para penggemar belanja. Tidak ketinggalan pula terdapat Biara Hati Kudus, Kastil Fernleigh dan Rose Bay Cottage yang akan memuaskan Anda para pemburu wisata bangunan. Sederhana untuk dapat menjangkau tempat ini, yaitu hanya dengan naik bus atau menggunakan servis Eastern Suburbs Ferry yang menghubungkan Circular Quay dengan Rose Bay.

9. Pitt Street Mall

 Pitt Street Mall

Area ini diperuntukkan bagi para pejalan kaki dan tidak akan pernah sepi karena berada di pusat kota Sydney. Lokasi ini penuh dengan spot belanja asyik dan menarik sehingga selalu mengundang banyak pengunjung. Hanya satu blok saja, terdapat lebih dari 500 toko ritel yang letaknya ada di beberapa real estate komersial termahal di Australia. Mulai dari toko pakaian hingga elektronik dapat dijumpai di sini dan sudah cukup banyak dari pusat perbelanjaan yang diperbarui.

  • Pitt Street Mall buka setiap hari; hari Senin sampai Rabu buka dari jam 9 pagi hingga 7 malam, hari Kamis buka dari jam 9 pagi sampai 9 malam, hari Jumat dan Sabtu buka dari jam 9 pagi hingga 8 malam, dan Minggu buka dari jam 10 pagi hingga 6 sore.

10. SEA LIFE Sydney Aquarium

SEA LIFE Sydney Aquarium

Berlibur bersama keluarga belum akan lengkap jika belum mengunjungi SEA LIFE Sydney Aquariu, terutama bila Anda mengajak anak-anak. Menjadi salah satu akuarium paling besar di dunia, lokasi wisata ini menawarkan variasi habitat dan ekosistem di Australia yang tentunya sangat menarik dan menambah pengetahuan, seperti halnya platipus dari Sungai Selatan, ikan tropis dari Great Barrier Reef, pinguin kecil dari Samudra Selatan, duyung di Mermaid Lagoon, serta buaya asin dari Sungai Utara. Aktivitas yang ditawarkan di sini adalah penampilan Reef Theatre, memberi makan pinguin, berinteraksi dengan duyung, dan memberi makan hiu dari boat kaca.

  • SEA LIFE Sydney Aquarium buka setiap hari; hari Senin hingga Kamis buka dari jam setengah 10 pagi hingga 6 petang dengan jam kunjungan terakhir jam 5 sore, dan pada hari Jumat sampai Minggu buka dari jam setengah 10 pagi hingga 7 malam dengan jam kunjungan terakhir jam 6 petang.
  • Pengunjung dewasa dikenakan biaya tiket antara USD 54-69 atau sekitar Rp 707-904 ribu, sedangkan anak-anak usia 4-15 tahun biaya tiketnya adalah antara USD 33-42 atau sekitar Rp 432-550 ribu.

11. Australian Museum

 Australian Museum

Daripada harus terjun langsung ke pedalaman untuk menemukan keajaiban alam Australia, lebih baik mengunjungi langsung Australian Museum yang letaknya ada di jantung distrik pusat bisnis Sydney.

Ada sekitar 40 ribu artefak lebih yang akan Anda dapat temukan ketika berjalan menelusuri lorong museum ini, seperti burung tropis yang eksotis serta mineral asli langka. Segala keajaiban arkeologi kuno serta artefak asli Australia benar-benar akan memuaskan Anda yang suka dengan wisata sejarah.

  • Australian Museum buka setiap hari kecuali di Hari Natal dari jam setengah 10 pagi hingga 5 sore.
  • Pengunjung dewasa dikenakan biaya masuk USD 15 atau sekitar Rp 196 ribu, sedangkan anak-anak usia di bawah 16 tahun dikenakan USD 8 atau sekitar Rp 105 ribu. Anak-anak dengan usia 5 tahun tidak dikenakan biaya sama sekali.

12. Chinese Garden of Friendship

Chinese Garden of Friendship

Dibuka di tahun 1988, taman ini adalah taman yang populer di Sydney di mana budaya Cina-lah yang lebih ditonjolkan. Terdapat kolam yang tenang, taman yang rimbun serta air terjun yang sangat cantik untuk memberikan penghargaan terhadap persahabatan antara Sydney dan Guangzhou.

Asyiknya di sini adalah para wisatawan bisa berkeliling diantara paviliun serta bersantai di tepi danau. Disajikan pula teh panas serta dim sum tradisional di kedai teh taman ini.

  • Chinese Garden of Friendship buka setiap hari, buka dari jam setengah 10 pagi hingga 5 sore pada bulan April-September, sedangkan Oktober-Maret buka dari jam setengah 10 pagi sampai setengah 6 sore.
  • Pengunjung dewasa dikenakan biaya masuk USD 6 atau sekitar Rp 79 ribu, sedangkan anak-anak usia di bawah 12 tahun dikenakan USD 3 atau sekitar Rp 39 ribu.

13. Hyde Park

Hyde Park

Merupakan taman paling tua yang ada di Australia, taman ini memiliki beberapa monumen dan patung penting. Anda pun akan menjumpai taman serta air mancur Archibald, dan bahkan bangunan bersejarah ANZAC.

Dulunya, taman ini dimanfaatkan sebagai arena balap dan lapangan olahraga sebelum akhirnya menjadi taman yang terbuka bagi umum yang juga banyak pengunjung yang berdatangan ke tempat wisata taman ini. Sepanjang tahun, acara budaya sangat didukung oleh lokasi Hyde Park ini, seperti ANZAC Day, Australia Day, Sydney Festival dan Food & Wine Fair.

14. Madame Tussauds

 Madame Tussauds

Sekalinya mendengar nama lokasi wisata ini, semua orang pasti tahu persis apa yang bisa dinikmati selama berada di dalam bangunan ini. Museum lilin paling populer di seluruh dunia ini mempunyai koleksi patung tokoh dan karakter terkenal yang bisa Anda ajak foto. Belum lama memang sejak pembukaanya di tahun 2012, namun jelas mengundang banyak wisatawan mancanegara yang selalu memenuhi tempat ini. Bedanya dari Madame Tussauds di negara lainnya, di Sydney menonjolkan kepribadian lokal di mana para tokoh dan seniman terkenal di Australia bakal dijumpai di sini.

  • Madame Tussauds Sydney buka setiap hari dari jam setengah 10 pagi sampai 6 sore di hari Senin hingga Kamis, serta dari jam setengah 10 malam sampai 7 malam di hari Jumat hingga Minggu.
  • Pengunjung dewasa (16 tahun ke atas) dikenakan biaya antara USD 55-69 atau sekitar Rp 720-904 ribu, sedangkan anak-anak mulai dari USD 8.40 atau sekitar Rp 110 ribu.

15. The Rocks

 The Rocks

Ini adalah salah satu kawasan yang paling tua di Sydney dan juga paling populer di mana telah mendapat proses modernisasi sehingga tampak indah dan luar biasa. Jika penasaran akan pub paling tua di Sydney, maka berkunjunglah ke The Rocks.

Di area ini juga bisa Anda dapati street market yang berspesialisasi pada kerajinan tangan. Selain itu pun masih ada juga Museum Seni Kontemporer, Observatorium Sydney, Pondok Bersejarah Cadman, serta sejumlah toko dan butik untuk Anda yang gemar belanja.

  • Area The Rocks selalu buka setiap hari.
  • Tidak dikenakan biaya masuk kepada pengunjung.

16. Manly Beach

 Manly Beach

Pantai pelabuhan ini adalah salah satu yang terbaik karena dapat menjadi spot yang seru bagi para peselancar, perenang dan wisatawan yang suka makan dan minum anggur. Bahkan Anda juga boleh menyelam di sini untuk berjumpa dengan pari dan hiu jika hal ini merupakan sebuah tantangan pemacu adrenalin Anda.

Di musim panas, biasanya orang-orang lebih tertarik untuk datang bersepeda, menaiki kayak, dan berperahu, sedangkan di musim dingin para wisatawan akan lebih memilih untuk berkunjung ke fasilitas karantina bersejarah Q Station.

  • Manly Beach buka setiap hari sehingga waktu berkunjung lebih fleksibel.
  • Tidak dikenakan biaya sama sekali untuk masuk ke area Manly Beach.

17. Goa Jenolan

Goa Jenolan

Wisata goa satu ini akan menambah lengkapnya pengalaman berlibur di Sydney, apalagi bagi pengunjung yang sangat suka dengan obyek wisata goa. Berlokasi di dalam Blue Mountains, Goa Jenolan merupakan salah satu goa terbuka paling tua di dunia dengan adanya formasi batu kapur yang bisa disaksikan setiap pengunjung.

Di area ini, Anda dapat menemukan beberama goa berbeda untuk dieksplor dan pengunjung bisa memilih rute mana yang akan diambil tergantung dari tingkat kebugaran fisik.

18. Palm Beach

Powerhouse Museum

Saat menelusuri Sydney, tampaknya wisata pantai seakan tidak ada habisnya dan ini terbukti dari adanya Palm Beach yang juga sangat terkenal karena menjadi latar belakang dari sebuah sinetron Australia berjudul Home and Away.

Bersantai di pantai ini bakal terasa maksimal dengan memandangi perairan biru cerah serta pasir putih yang luar biasa cantik. Terbentang kurang lebih sekitar 3 kilometer, perairan ini tergolong sangat tenang dan di sekitar area ini terdapat sejumlah real estatetereksklusif di Australia, bahkan termasuk rumah huni para selebritis.

19. Powerhouse Museum

Powerhouse Museum

Museum ini sedari tahun 1879 memiliki daya tarik utama yang menawarkan berbagai hal berbau teknologi, dari ilmu sains hingga komunikasi, transportasi dan komputer. Bahkan koleksi di museum ini tergolong penuh dengan 400 ribu artefak lebih.

Jadi, para wisatawan yang sangat menyukai teknologi tentu jangan sampai melewatkan spot wisata satu ini ketika bertandang ke Sydney. Museum ini juga termasuk sangat lengkap, termasuk pameran Lord of the RingsFaberge, dan Star Trek; museum ini tetap menjaga sisi klasik kontemporernya namun juga up to date.

  • Powerhouse Museum buka setiap hari dari jam 10 pagi hingga 5 sore.
  • Pengunjung dewasa dikenakan biaya masuk sebesar USD 15 atau sekitar Rp 196 ribu, sedangkan anak-anak di bawah 16 tahun tidak dikenakan biaya.

20. Avalon Beach

 Avalon Beach

Pantai satu ini menjadi salah satu yang paling terkenal juga di Sydney karena menjadi sebuah setting dari serial TV berjudul Baywatch. Dari TV saja sudah kelihatan betapa keren dan mengesankannya gelombang air serta pasir karang oranye.

Para pecinta pasir dan kegiatan selancar seharusnya menyempatkan waktu untuk bertandang ke tempat ini. Terdapat lapangan golf juga di area pantai ini sehingga akan menyempurnakan liburan para wisatawan dan tak heran juga banyak para wisatawan yang berdatangan berkunjung ke tempat wisata ini .

21. Chinatown

Chinatown

Hobi berbelanja? Tentu Chinatown adalah spot wisata di Sydney yang harus didatangi karena di sinilah tempat yang pas untuk berpetualang serta berburu masakan Cina, aksesoris ponsel, serta menemukan berbagai ramuan herbal. Chinatown yang berlokasi diantara Darling Harbour dan Central Station ini tepatnya bisa dikunjungi di Haymarket yang berpusat di Dixon Street. Karena khusus untuk para pejalan kaki, maka Anda bisa berlenggang di tempat ini tanpa perlu khawatir ada kendaraan berlalu-lalang.

  • Pengunjung disarankan untuk datang berkunjung pada hari Jumat malam antara jam 4 sore hingga 11 malam yang merupakan waktu terbaik.
  • Tidak dikenakan biaya apapun untuk dapat masuk ke area Chinatown.

22. Susannah Place Museum

Susannah Place Museum

Terletak di jantung The Rocks, museum ini adalah tempat wisata yang dulunya dibangun oleh para imigran Irlandia di tahun 1844. Sudah sangat tua rupanya dan selama 150 tahun, rumah-rumah kecil di sini berikut dapur basement serta halaman belakang yang kecil menjadi tempat tinggal 100 keluarga.

Terdiri dari 4 teras rumah, kompleks ini boleh kecil, namun bangunannya masih terbilang asli karena hanya perbaikan penting saja yang dilakukan.

  • Susannah Place Museum buka setiap hari dan menerima pengunjung dari jam 2 siang hingga 5 sore.
  • Pengunjung dewasa dikenakan biaya masuk sebesar USD 8 atau sekitar Rp 105 ribu dan anak-anak usia di bawah 15 tahun dikenakan biaya USD 4 atau sekitar Rp 52 ribu.

23. Garrison Church

 Garrison Church

Berwisata religi juga bisa dilakukan di Sydney dengan menyambangi sebuah gereja yang memang bukan gereja terpopuler atau terbesar di Sydney, melainkan gereja yang benar-benar menawarkan pesona abadi.

Gereja ini sangat menghormati para keluarga militer Sydney dan dengan dibangunnya gereja ini pada tahun 1840, Garrison Church menjadi gereja militer pertama di koloni Australia. Berada di persimpangan Lower Fort Street dan Argyle Street yang jaraknya sangat tidak jauh dari The Rocks, gereja ini berinterior penuh sejarah sehingga wisatawan yang suka berwisata bangunan pun boleh datang dan mengagumi gereja ini.

  • Terdapat dua kali ibadah, yaitu pada jam setengah 10 pagi dan 4 sore.
  • Pengunjung tidak perlu membayar untuk dapat masuk ke gereja ini.

Demikianlah beragam tempat wisata di Sydney yang membuat para wisatawan enggan untuk pulang. Tidak hanya wisata pantainya saja yang impresif, tapi wisata edukasi dan bangunannya pun sangat mengundang untuk dikunjungi segera bukan?

Sumber : http://tempatwisataunik.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*