7 Tips Mendapatkan Tiket Pesawat Murah.

TIKETGARUDAPROMO.com –Mendapatkan tiket murah saat ini merupakan sebuah hal yang mudah, karena banyak maskapai menawarkan harga tiket promo tidak hanya untuk kelas ekonomi bahkan juga bisnis. Tapi bagaimana jika sedang tidak ada promo? tentunya ini menjadi pertanyaan bagi Anda.

Fenomena harga tiket pesawat murah dengan adanya promo besar-besaran dari maskapai ber-budget rendah dimulai di Tahun 2010. Saat itu masyarakat menyambut dengan sukacita, karena anggapan bahwa hanya orang berduit yang bisa naik pesawat terbang, seketika berubah, dimana semua orang bisa merasakan naik pesawat terbang. Saya sendiri termasuk orang yang merasakan harga promo ini ketika saya berdomisili di Bali tahun 2011, untuk sering pulang ke Jakarta bukan hal besar karena mendapatkan tiket pulang pergi untuk rute Jakarta-Bali dengan Lion Air hanya merogoh kocek sebesar Rp 700.000,.

Namun, sejak Pemerintah mengeluarkan peraturan mengenai batas penawaran harga terendah tiket pesawat dari maskapai untuk penumpangnya, mendapatkan harga Rp 700.000 untuk rute Jakarta-Bali tergolong mustahil, bahkan saat promo. Belum lagi, maskapai-maskapai pun tidak mengadakan promo sesering dulu lagi.
Namun dengan ketiadaan promo, bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan tiket murah. Anda tetap bisa mendapatkan tiket murah, asal Anda tahu caranya. Berikut tips dan caranya :

1.Perhatikan periode perjalanan, juga hari pergi dan pulang Anda.

Akhir pekan, long weekend, dan musim liburan selalu mahal. Jadi, disarankan liburan di periode low-season, seperti bulan September-November dan Februari-April. Selain periode liburan, hari keberangkatan dan kepulangan menentukan harga tiket Anda. Kombinasi Jumat-Minggu, Jumat-Senin, Sabtu-Minggu, atau Sabtu-Senin adalah kombinasi termahal. Jika Anda ingin mencari harga murah dan bisa mendapatkan cuti, saya sarankan untuk mencoba kombinasi Selasa-Kamis, Rabu-Jumat.

2. Pelajari tren promo maskapai

Jika anda sering menggunakan pesawat terbang maskapai tertentu. Jangan ragu untuk ikuti newsletter maskapai serta keanggotaannya (membership). Sebagai Member akan akan menjadi orang yang mendapatkan informasi terlebih dahulu mengenai tiket promo, dengan demikian Anda juga bisa pelajari waktu maskapai-maskapai itu mengeluarkan promo dan jenis promonya. Anda akan tahu, ketika Anda menemukan tiket yang tampak murah, Anda bisa menimbang-nimbang apakah ini adalah saat yang tepat untuk membeli tiket, atau periode promo justru akan segera tiba? Atau Anda juga bisa melihat penawaran tiket pesawat dari Indonesia ke berbagai destinasi di seluruh dunia di sini.

3. Perhatikan tanggal keberangkatan Anda

Setelah memilih hari, perhatikan juga tanggal keberangkatan Anda. untuk harga tiket pesawat di tanggal 20-an cenderung lebih murah dibanding awal atau pertengahan bulan. Hal ini bisa jadi karena maskapai menganggap bahwa tanggal 20-an adalah tanggal tua, sehingga kemungkinan orang untuk berpergian sedikit. Alhasil, maskapai pun memberikan harga murah di periode ini agar kursi-kursi mereka terisi.

4. Perhatikan rute tujuan anda

Tujuan Anda menentukan kapan waktu terbaik untuk membeli tiket dengan harga termurah. Jika rute yang anda pilih merupakan rute favorit yang banyak dilayani oleh maskapai (terutama maskapai berbudget rendah), seperti Singapura, Kuala Lumpur, Bali, Yogyakarta, dan Surabaya, karena harganya cenderung fluktuatif, maka jika Anda menemukan satu harga yang Anda pikir adalah harga termurah yang bisa Anda dapatkan, disarankan untuk membeli tiket tersebut sekarang juga.

Tapi jika rute yang Anda pilih adalah rute yang tidak dilayani oleh maskapai ber-budget rendah atau bukan rute “ramai” wisatawan, seperti Banjarmasin, Belitung, Tanjung Pinang, dan Banda Aceh, maka kapan pun Anda membeli tiketnya, harganya tidak akan memperlihatkan perbedaan yang terlalu signifikan, kecuali pada high season, seperti Lebaran dan liburan akhir tahun.

5. Menentukan Maskapai

Setelah memilih rute, perhatikan juga maskapai yang melayani rute tersebut. Kecenderungannya, harga Low Cost Carrier (LCC) lebih murah jika dipesan dari jauh-jauh hari dan meningkat drastis jika dipesan hanya beberapa minggu atau beberapa hari sebelum keberangkatan. Sementara maskapai full-service cenderung menerapkan year-round fare pada harga tiket pesawatnya sehingga kurang lebih sama sepanjang tahun. Malah terkadang, harga tiket pesawat full-service bisa lebih murah ketimbang LCC jika kita membelinya lebih dekat dengan hari keberangkatan.

Tips jika Anda menggunakan maskapai Lion Air, sering-sering lah memantau harganya. Karena berdasarkan pengalaman saya, Lion Air adalah salah satu airline yang paling sering mengalami perubahan harga. Dalam sehari, bisa berubah harganya 2 hingga 3 kali, biasanya di pagi hari, siang hari, dan tengah malam. Biasanya, mereka akan menggunakan range harga yang sama, hanya dibedakan di jam penerbangannya saja. Jika penerbangan yang Anda incar tiba-tiba meningkat harganya, jangan terburu-buru membeli saat itu juga karena Anda berpikir harganya akan meningkat terus.
Malah sebaliknya, coba tunggu dan lihat beberapa hari ke depan. Kecuali, jika Anda melihat range harga antar satu penerbangan dan penerbangan lain sudah meningkat, maka Anda bisa membeli tiketnya saat itu, karena berarti harga dasarnya memang sudah lebih tinggi dibanding sebelumnya.

6. Membeli tiket dengan miles yang anda miliki

Saat ini beberapa maskapai seperti Garuda, Singapore airlines memberikan reward untuk mereka yang sering menggunakan penerbangan mereka. Reward yang diberikan berupa miles yang bisa digunakan untuk mendapatkan tiket gratis. Seperti Garuda dengan Garuda Milesnya, untuk Anda yang sering terbang dengan Garuda Indonesia akan mendapatkan miles. Akumulasi miles Anda dapat ditukarkan dengan Award Ticket ke destinasi favorit Anda, atau Upgrade Awards dari kelas ekonomi ke bisnis pada penerbangan pilihan Anda. Kedua Award ini dapat dihadiahkan kepada keluarga, temen ataupun yang terdekat di hati Anda.

7. Menukarkan point reward kartu kredit

Untuk anda yang memiliki kartu kredit dan sering menggunakan kartu kredit anda, pasti anda memiliki point reward yang diberikan oleh Bank. Tahukah anda point reward yang anda miliki, di beberapa bank dapat ditukarkan dengan Miles. Miles ini nantinya bisa anda kumpulkan untuk ditukarkan dengan tiket gratis. Untuk penukaran miles ke tiket, setiap bank dan maskapai memiliki tingkat konversi sendiri. Mungkin Anda memerlukan 15.000 air miles untuk mendapatkan tiket ekonomi domestik gratis, tapi perlu mendapatkan 100.000 air miles untuk tiket kelas bisnis.

Anda juga dapat menggunakan air miles untuk meng-upgrade tempat duduk dari ekonomi ke bisnis, atau bisnis ke kelas satu. Anda harus menggunakan 50.000 air miles atau lebih, tergantung upgrade dan maskapai Anda.Pada intinya, air miles adalah cara yang bagus untuk mendapat diskon atau bahkan tiket gratis. Jika Anda sering bepergian, Anda mungkin harus mempunyai kartu kredit yang memberi Anda lebih banyak air miles. Semakin banyak Anda menggunakan kartu kredit air miles, semakin banyak poin reward yang Anda bisa kumpulkan untuk diganti menjadi air miles untuk membeli tiket ke destinasi impian Anda.

sumber gambar : tikethero.com

Sebagai kesimpulan, mencari tiket pesawat dengan harga murah sebetulnya Anda hanya butuh telaten dan teliti. Telaten mengamati tren harga dan teliti ketika melakukan pembayaran. Jangan terburu-buru membeli tiket jika tidak urgent. Perhatikan juga detail harga yang Anda bayarkan, terutama ketika Anda menggunakan maskapai ber-budget rendah. Jangan sampai Anda membayar sesuatu yang tidak Anda butuhkan, supaya Anda terhindar dari biaya tambahan. Dengan melakukan tips-tips ini, saya yakin Anda pasti bisa mendapatkan harga tiket termurah, walaupun sedang tidak ada promo dari maskapai.

Jadi, sudah siap dapat tiket murah walau sedang tidak ada promo? lihat info lengkapnya di www.ricomiles.com

 

 

 

 

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*